Peningkatan Kemampuan Guru-Guru Mata
Pelajaran Bahasa Inggris dalam menyusun Silabus Melalui Pembimbingan Kelompok di
Sekolah Binaan di Kabupaten Brebes
Kasno
Abstrak
Silabus merupakan bagian penting dalam
pelaksanaan pendidikan. Melalui perencanaan yang baik, guru akan lebih mudah
dalam melaksanakan pembelajaran dan siswa akan lebih terbantu dan mudah dalam
belajar. Silabus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta
didik, kondisi sekolah, mata pelajaran, dan kondisi lingkungan. Setiap guru pada
satuan pendidikan berkewajiban menyusun silabus secara lengkap dan sistematis
agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan,
menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisiapasi aktif.
Subjek penelitian tindakan ini adalah guru-guru bahasa
Inggris di sekolah binaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan guru bahasa Inggris di sekolah
binaan dalam menyusun Silabus mata pelajaran yang diampunya. Penilaian untuk
penyusunan Silabus ini adalah menuliskan standar kompetensi, pengkajian
kompetensi dasar, pengembangan materi ajar, pengembangan kegiatan pembelajaran,
penentuan alokasi waktu, penentuan alat penilaian, dan penentuan sumber
belajar.
Metode yang digunakann dalam tindakan ini adalah
pembimbingan kelompok. Para guru dibimbing secara kelompok bagaimana menyusun Silabus
mata pelajaran bahasa Inggris
Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah hasil penyusunan Silabus sesuai dengan komponen-komponen silabus yang sudah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebelum
diberikan tindakan guru yang memiliki pemahaman dalam menyusun silabus adalah dari 7 guru bahasa Inggris di 3 sekolah binaan dalam menyusun silabus adalah
57, (2) setelah diberikan tindakan pada siklus 1 para guru telah menyusun silabus dengan baik. Dari 7 orang guru diperoleh hasil masing-masing 70,
73, 75,
74, 71, 72, dan 70, (3) setelah diberikan tindakan pada siklus 2 para guru
telah menyusun silabus meningkat dengan pesat, yakni dari
7 orang guru diperoleh hasil masing-masing 83, 82, 83, 83, 84, 85, dan 81. (4) sikap dan
tanggapan siklus 1 74,60% para guru
bahasa Inggris di tiga sekolah binaan setuju atau merasa senang mendapatkan
bimbingan penyusunan silabus ini melalui bimbingan kelompok, (5) setelah diberikan tindakan
pada siklus 2 sikap dan tanggapan para guru 87,30 % merasa senang dan setuju mendapatkan bimbingan penyusunan silabus
secara kelompok.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
para guru bahasa Inggris di sekolah binaan merasa senang dan mampu menyusun silabus
Bahasa Inggris sebesar 87,30 % sesuai dengan komponen silabus yang telah
ditentukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar